oleh

Virgin Coconut Oil Diproduksi Perempuan Desa Salassae

Bulukumba, Sulawesi Selatan – Kulit yang sehat dan cantik adalah impian paling umum bagi kaum hawa. Pesatnya teknologi di bidang industri kosmetik ternyata tidak serta merta bisa membunuh produk untuk kecantikan yang jauh dari bahan kimiawi. Salah satu jenis produk yang kini banyak digandrungi kaum hawa dari berbagai kalangan yakni Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak murni dari kelapa. Di berbagai belahan dunia kini VCO banyak digunakan untuk kecantikan kulit dan kesehatan.

VCO bukan hanya bisa diperoleh melalui industri kapital. VCO bisa pun bisa didapatkan dari produksi rumahan. Lantaran proses pembuatannya bisa melalui cara manual dan tradisional. Salah satunya, VCO bisa diperoleh dari sebuah komunitas perempuan di Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Bermula pada tahun 2018 silam. Seorang dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akrab disapa “Pak Budi” berkunjung ke Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa.

Sri Koko Wahyu (Dok: Ist.)

Kala itu Pak Budi berhasil melakukan sebuah transformasi ilmu pengetahuan dengan kaum perempuan di desa itu. Pak Budi menanamkan pengetahuan seputar zat-zat penting yang terkandung pada buah kelapa. Terutama pengetahuan terkait metode pemanfaatannya untuk kesehatan dan kecantilkan kulit.

Buah kelapa dapat dengan mudah diperoleh khususnya di Bulukumba, dan banyak dibudidayakan di kebun-kebun milik warga. Ilmu yang diperoleh dari Pak Budi kemudian diimplementasikan oleh para perempuan Desa Salassae. Dipelopori oleh Sri Koko Wahyu.

Pertemuan Pak Budi dengan Sri Koko Wahyu juga sekaligus titik awal terbentuknya Serikat Perempuan Salassae (SPS).

Organisasi independen itu menghimpun sebanyak 27 orang perempuan dari Desa Salassae. Sebagai komunitas perempuan yang punya agenda besar untuk pemberdayaan perempuan desa, SPS kemudian memproduksi Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni.

Pemasaran VCO produksi SPS sejauh ini melalui cara konvensional maupun bisnis online. Promosi dan pemesanan dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

“Produk ini berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Bisa diminum sebagai obat dalam untuk menghancurkan racun-racun dalam tubuh. Bahkan bisa mengatasi kolesterol,” jelas Sri, saat disambangi di kediamannya, Senin 31 Agustus 2020.

Pemaparan ibu dari dua anak ini senada dengan penjelasan ilmiah dari hasil penelitian para ahli terhadap VCO. Berbeda dengan minyak kelapa biasa, VCO atau minyak kelapa murnI memiliki beragam manfaat kesehatan.(AN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Potret