oleh

Produk UMKM Binaan Rumah Kreatif Sinar Mas Ramaikan Program Beli Kreatif Danau Toba

JAKARTA – Humbang Kriya dan Humbang Arabica Coffee turut berpartisipasi dalam Grand Launching Program Beli Kreatif Danau Toba yang diadakan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Program #BeliKreatifDanauToba adalah program yang diluncurkan Kemenparekraft/Baparekraf sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada tahun 2021, dengan tujuan mendorong UMKM di salah satu Destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara agar dapat bangkit di masa pandemi.

Gernas BBI sendiri telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020 lalu, sebagai wujud dukungan untuk UMKM Indonesia yang terkena dampak pandemi Covid-19. Melalui gerakan ini, pemerintah mengajak agar masyarakat Indonesia mencintai dan bangga akan karya anak negeri.

Humbang Kriya dan Humbang Arabica Coffee terpilih mewakili UMKM dari Kabupaten Humbang Hasundutan di acara launching yang dibuka secara online oleh Bapak Joko Widodo, Presiden RI. Humbang Kriya merupakan hasil produk UMKM binaan Rumah Kreatif Sinar Mas.

Humbang Kriya terdiri dari Humbang Shibori, Tenun Songket Humbang, Humbang Batiq dan Humbang EcoPrint yang dibuat oleh para pegiat karya tangan di Kawasan Dolok Sanggul, Matiti, Parsingguran dan Tipang di Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Kami mewakili para pegiat merasa bangga, produk dari UMKM yang dibina oleh Rumah Kreatif Sinar Mas dapat terpilih mewakili Kabupaten Humbang Hasundutan dalam Program #BeliKreatifDanauToba. Kami berharap dengan keikutsertaan ini dapat lebih memperkenalkan produk Humbang Kriya dan Humbang Arabica Coffee di masyarakat serta tentunya dapat meningkatkan penjualan produk di masa pandemi sehingga pegiat dapat tetap berproduksi dan
mendapatkan penghasilan” ujar Dumasi M M Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas sekaligus pembina Rumah Kreatif Sinar Mas.

Selama pandemi, para pegiat Humbang Kriya yang saat ini berjumlah 40 an pegiat masih tetap melakukan produksi kain – kain yang menggunakan konsep zero waste fabric. Semua bahan yang digunakan dalam kain Humbang Kriya menggunakan pewarna alam serta dilakukan secara manual (hand made). Setiap kain yang dihasilkan memiliki motif yang tidak sama dan memiliki keunikan masing-masing.

“Untuk pemasaran produk, Humbang Kriya telah memanfaatkan pemasaran secara online melalui media sosial dan juga melalui marketplace. Produk Humbang Kriya saat ini telah dapat dibeli melalui Tokopedia, Shopee dan Blibli”, lanjut Dumasi.

Humbang Arabica Coffee merupakan produk kopi unggulan dari Gapoktan Mutiara Kasih yang merupakan mitra binaan Rumah Kreatif Sinar Mas. Selain Humbang Arabica Coffee ditampilkan juga produk kopi lainnya yaitu Kopi Stalbak dan Kopi Humbang Rasa Kacang Sihobuk. Rumah Kreatif Sinar Mas (RKSM) merupakan wadah kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Asuransi Sinar Mas di kabupaten Humbang Hasundutan. RKSM didirikan sebagai bentuk dukungan Perusahaan terhadap Nota Kesepahaman antara Otoritas Jasa keuangan (OJK) dengan Kementerian Pariwisata dalam pengembangan Kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas.

Rumah Kreatif Sinar Mas yang didirikan sejak tahun 2016 ini, selain membina pegiat Humbang Kriya juga melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya melalui berbagai kegiatan di Sentra Buku, Sentra Komputer, Sentra Permainan, Sentra Audio Visual dan Sentra Kriya.

Berbagai pelatihan juga telah dilakukan RKSM diantaranya Pelatihan Diversifikasi Produk Berbasis Olahan Kopi, Pelatihan Pengembangan Kemasan Produk, Pelatihan Budidaya Kopi Arabika, Pelatihan Bahasa Inggris, Pelatihan Menenun, Pelatihan Membatik serta Pelatihan Ecoprint. (SAH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Potret