oleh

Perusahaan TIK Manfaatkan Teknologi Untuk Bantu Teman Disabilitas

JAKARTA – PT Metrodata Electronics Tbk (“MTDL”), sebagai perusahaan digital solusi dan distribusi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (“TIK”), manfaatkan teknologi dengan meluncurkan TISA atau platform digital yang dirancang untuk penyandang disabilitas bersama dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai. Platform digital ini berupa chatbot yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual melalui kemampuan artificial intelligence.

Sebagai perusahaan TIK, MTDL memberikan sumbangsih dalam mengimplementasikan dan mengintegrasikan chatbot melalui aplikasi WhatsApp kepada ThisAble Enterprise.

Susanto Djaja selaku Presiden Direktur MTDL menjelaskan, “Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesetaraan hidup penyandang disabilitas, Metrodata memberikan kontribusinya di dalam melakukan implementasi chatbot bernama TISA berkolaborasi dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai.”

TISA sendiri akan terbagi menjadi tiga fungsi, yaitu TISA sebagai Customer Service, Learning Center, dan Collection Reminder. Susanto melanjutkan, “Pada modul TISA, layanan Customer Service berbasis messenger sudah berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan para disabilitas yang hadir selama 24 x 7.”

Program chatbot dalam modul Customer Service ini berupa registrasi anggota ThisAble serta pengaduan layanan disabilitas (seperti masalah hukum, transportasi, sosial, pendidikan, seksual, keamanan, dan sebagainya). Pengembangan modul selanjutnya akan terus dilakukan untuk dapat membantu teman‐teman penyandang disabilitas dalam meningkatkan kompetensi/keahliannya serta memperoleh pekerjaan. Dan sebagai kelanjutannya aplikasi TISA ini akan dikembangkan pula untuk membantu memberikan notifikasi tagihan baik kepada penyandang disabilitas maupun kepada mitra pemberi kerja.

“Kami berharap MTDL melalui aplikasi TISA dapat terus membantu dan menjawab kebutuhan informasi teman disabilitas untuk mendapatkan akses pendidikan dan pekerjaan serta pengaduan ke Kementerian Sosial dan ketenagakerjaan sehingga mereka mendapatkan hak dan kesetaraan sosial,” tutup Susanto.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Potret