oleh

Nasi Kuning Kampoeng Rasa Metropolitan, Bisnis Sambil Berbagi

Bulukumba, Sulawesi Selatan – Darnisa Akma yang lebih akrab dikenal dengan nama Nisa Karim adalah seorang ibu yang ulet. Dia juga dikenal sebagai seorang perempuan yang punya kepedulian sosial yang tinggi.

Sambil menjual nasi kuning yang diberi nama “Nasi Kuning Kampoeng”, setiap hari Jumat Ibu Nisa membagikan 200 porsi nasi kuning kepada panti asuhan dan kaum dhuafa di Kota Bulukumba.

“Sebenarnya awalnya saya tidak tahu memasak. Suatu hari saya mencicipi sebuah masakan yang terasa enak dan membuat saya penasaran ingin mencoba membuatnya,” kata Ibu Nisa kepada potretumkm.com yang mengunjungi lapaknya pada Rabu pagi 16 September 2020.

Ibu Nisa berkisah, ia mencoba dan mempratekkan beberapa menu makanan. Dalam proses itulah Ibu Nisa juga banyak belajar memasak dari ibunya, temannya, dan juga melalui YouTube. Beberapa masakan hasil buatan Ibu Nisa ternyata banyak menuai pujian karena memang enak.

Pada tahun 2018 dengan modal Rp5 juta Ibu Nisa memberanikan diri membuka usaha catering dan warung kecil dengan menjual Nasi Kuning Kampoeng dan tahu walik di teras rumahnya.

Harga Nasi Kuning Kampoeng Ibu Nisa dijual dengan harga bervariasi. Ibu Nis menyesuaikannya dengan kemampuan para pembeli. Maka ada yang harga Rp5000/porsi. Ada juga Rp7000, Rpr10.000, Rp13.000 hingga Rp15.000/porsi. Sedangkan tahu walik dengan harga Rp10.000, isinya 8 buah.

Ibu Nisa mengelola usahanya bersama keluarga. Keuntungan yang didapatkan berupa pendapatan bersih Rp1.500.000 dalam sepekan.

Saat ini Ibu Nisa mengaku sedang berupaya mengembangkan usahanya. Rencananya akan membuka warung dan akan membeli gerobak untuk membuka lapak di Lapangan Pemuda.

Ibu Nisa punya kegiatan Jumat Berbagi. Sebuah kegiatan mulia yakni setiap hari jumat membagikan Nasi Kuning Kampoeng sebanyak 200 porsi ke panti asuhan dan kaum dhuafa di Kota Bulukumba.

“Kegiatan Jumat berbagi ini sudah berjalan selama satu tahun,” ungkapnya.

Dana yang dipakai ibu Nisa untuk berbagi itu juga berasal dari para donatur tetap dari berbagai daerah. Dengan dana donatur itulah Ibu Nisa menyiapkan makanan lalu membagikannya.

Bagi yang ingin menjadi donatur untuk Program Jumat Berbagi bisa menyalurkan donasinya melalui Bank BRI Unit Tanah Kongkong dengan nomor rekening 490401033961536 atas nama Darnisa Akma. Anda tidak perlu khawatir karena donasi Anda berada di tangan orang yang tepat, Ibu Nisa.

Jika Anda ingin menikmati Nasi Kuning Kampoeng namun dengan rasa metropolitan, Anda bisa menyambangi warung Ibu Nisa yang beralamat di Jalan H.A. Sulthan Nomor 26 Kelurahan Loka Kecamatan Ujung Bulu, Kota Bulukumba. Ibu Nisa juga melayani pesanan melalui nomor ponsel dan WhatsApp di 085727297022.(AN/SP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Potret