oleh

Manfaatkan Lahan Sempit, Ambil Untung Dari Ternak Lele

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali dijalankan pada hari Senin (13/9) besok. Kebijakan yang bakal dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, biasanya akan dibarengi dengan pengetatan kebijakan di beberapa wilayah lainnya. Tidak terkendalinya jumlah penambahan korban positif Covid-19 menjadi salah satu alasan Pemerintah untuk menjalankan langkah yang dinamakan rem darurat tersebut.

Artinya, kondisi yang akan terjadi akan kembali ke titik awal pada saat PSBB transisi belum dijalankan. Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin membayangi nasib para pekerja. Sebagai langkah mitigasi, kamu bisa mulai memikirkan untuk mendapatkan pendapatan pasif. Tidak usah berpikir muluk, coba lihat lingkungan sekitar kamu, manfaatkan lahan sempit untuk menambah pemasukan dengan cara ternak lele.

Permintaan terus tinggi

Lele dengan nama latin clarias itu masih menjadi primadona bagi para peternak. Stabilnya harga jual dan sifat dari lele sendiri yang memiliki daya tahan lebih tinggi dibanding ikan ternak lainnya, menjadikan produksi lele di tanah air terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2017 saja, berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, produksi lele berhasil bertumbuah 137%. Melihat besarnya potensi penjualan dari lele, perusahaan swasta pun sudah menggarapnya secara serius.

Adalah efishery, perusahaan rintisan yang berbasis di wilayah Indramayu, Jawa Tengah yang mulai mengembangkan lele secara digital sejak tahun 2019 lalu. Perseroan memanfaatkan teknologi untuk memberi pakan secara otomatis dan terjadwal.

Sehingga biaya pakan, bisa ditekan secara signifkan. Wilayah Indramayu sendiri selama ini sudah dikenal sebagai salah satu sentra budidaya lele di Indonesia. Sepanjang tahun 2018 saja, volume produksi ikan berkumis itu mencapai 85,49 juta ton, naik 79,5% dari tahun sebelumnya.

Nilai produksinya juga ikut merangkak naik menjadi Rp1,33 triliun dari periode sebelumnya Rp996,97 miliar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Potret