oleh

Keren, Pot Bunga Berbahan Sabut Kelapa

Bulukumba, Sulawesi Selatan – Erwin adalah seorang anak muda di Bulukumba yang tengah berinovasi membuat cocopeat yakni pot bunga yang dibuat dari sabut kelapa.

Menurut Erwin, ide ini lahir setelah melihat potensi yang ada di lingkungan sekitarnya.

“Saya melihat sabut kelapa banyak terbuang begitu saja. Terutama di Kecamatan Herlang dan Kajang yang merupakan daerah penghasil kelapa,” tuturnya.

Erwin lalu mengolah sabut kelapa yang dikumpulkannya. Ia menyulapnya menjadi pot bunga. Bentuknya yang cantik dan bahannya yang unik berhasil menyedot perhatian emak-emak yang giat berburu bunga hias dan pot bunga.

Keunggulan pot bunga buatan Erwin ini ramah lingkungan. Sabut kelapa tahan sampai 10 tahun.

“Sabut kelapa juga kaya akan unsur hara mikro dan makro. Mampu menyerap air sehingga tidak perlu lagi khawatir jika lupa menyiram bunga di musim kemarau,” terang Erwin, saat disambangi di kediamannya di Herlang, Ahad 30 Agustus 2020.

Uniknya, pot bunga ini semua bahan pelengkapnya juga berasal dari pohon kelapa. Mulai sabut, serbuk, sampai ijuk.

Untuk membuat pot bunga dari sabut kelapa, berikut tahapannya:

  1. Penyiapan bahan baku berupa sabut kelapa yang telah dikeringkan dan telah dipisahkan antara serat dengan serbuk sabut.
  2. Penyiapan ram kawat untuk pembentukan model pot yang diinginkan
  3. Pengisian ram kawat dengan serat sabut kelapa
  4. Pembersihan pot dari serat sabut yang kurang rapi.
  5. Siap dipajang atau dipasatkan.

Kegiatan usaha ekonomi kreatif ini terus dikembangkan Erwin sambil membuka ruang sinergi bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Bontosunggu, Kecamatan Gantarang. Menurut Erwin ke depan akan dikembangkan cocofiber yakni tali dari serabut kelapa.(AN/SP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Potret