oleh

Galeri Karya Seni Ini Tempat Menyulap Limbah Barang Bekas

Bulukumba, Sulawesi Selatan – Limbah menjadi salah satu permasalahan besar bagi lingkungan. Limbah tidak selalu berasal dari industri tetapi di mana pun masyarakat bermukim maka limbah biasanya ikut jadi penghuni lingkungan. Lalu, apakah limbah memiliki manfaat?

Limbah berupa barang-barang bekas sangat bermanfaat apabila ada yang mau mengelolanya dengan benar. Seperti yang dilakukan Galeri Afiv Berkah, sebuah galeri berisi produk yang disulap dari limbah. Lokasinya berada di pinggir Jalan Poros menuju pantai Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kreatiftas para pengrajin di galeri itu mampu menyulap limbah menjadi rupiah. Pak Afiv dan keluarganya sejak dua tahun terakhir menyulap limbah rumah tangga menjadi perabotan rumah tangga.

Pemasarannya untuk saat ini masih menyintas wilayah lokal. Dibantu dengan promosi gratis melalui media sosial, tetapi sudah menyedot banyak peminat dan pelanggan.

Mulai dari kursi, meja, keranjang buah, tempat tisu dan berbagai jenis perabot unik lainnya. Bahkan topi pantai juga terlihat berjejer memenuhi ruang Galeri Afiv Berkah.

Harga untuk sebuah karya seni ini berada di kisaran Rp10.000 hingga jutaan rupiah. “Perabot disini yang paling murah Rp10.000, sedangkan untuk harga tertinggi yang ada saat ini seharga Rp5.800.000” jawabnya ketika ditanya di pagi itu, Jumat, 28 Agustus 2020.

Dari Lingkungan Saparaya, Kelurahan Sapolohe, Kecamatan Bonto Bahari, Afiv Berkah pun membuka ruang kerjasama dengan beberapa UMKM lainnya di Kabupaten Bulukumba yang juga sama-sama mengusung karya seni dari pemanfaatan barang-barang bekas. Produk yang mereka sediakan cocok untuk semua kalangan. Terutama bagi para pecinta barang-barang unik dan bercita rasa seni berkualitas tinggi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Potret